Rabu, 02 Maret 2016

contoh laporan PPL untuk anak SMATAQ

LAPORAN PPL
( PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN )
(logo)
 



Disusun oleh :
NURKHOLIS
 X BAHASA 1

SMA TAKHASSUS AL QUR'AN
WONOSOBO
TAHUN AJARAN 201
4/2015
HALAMAN PENGESAHAN

Kami selaku Kepala Desa dan Pengasuh  Madrasah Diniyyah NURUL FALAH DesaGombong:

Nama                           : Nurkholis
NIS                             : 9997757922
Kelas                           : XBAHASA 1

PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) di Madrasah Diniyyah NURUL FALAH, Desa GOMBONG, Kec. BELIK, Kab. PEMALANG
Telah disahkan pada,
Hari                             :Kamis
Tanggal                       : 25  Desember  2014






KepalaDesaGombong                                     Kepala Madrasah NURUL FALAH


HadiatunNugroho                             Ust. Amin FuadMashuri, S.Pd.


                                                                  Mengetahui




WaliMurid                                                                   Kepala SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN


Muhlisin                                                         H. Abdurrohman Al Asy’ari, S.HI, M.Pd.I




SURAT KETERANGAN

Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama                                       : Ust. Amin FuadMashuri, S.Pd.
Jabatan                                                :Kepala Madrasah Diniyyah NURUL FALAH
Nama Tempat Pengkajian       :  Madrasah NURUL FALAH
Alamat                                    : GombongBedahan RT.01/RW.05, Kec. Belik, Kab. Pemalang,Jawa Tengah.
Menerangkan bahwa ,
Nama                                       : NURKHOLIS
Tempat/Tgl. Lahir                   :Pemalang, 1 Mei 1999
NIS                                         :9997757922
Alamat                                    :GombongTepusRT.05/RW.04, Belik, Pemalang.
Benar-benar telah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Madrasah Diniyyah NURUL FALAH selama 12 (duabelas)hari/pertemuan, mulai tanggal 25 desember 2014 s/d tanggal 3 Januari 2015.

Demikian surat keterangan ini kami sampaikan dan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

                                                                                             Pemalang, 3 Januari 2015

Mengetahui





HadiatunNugroho                                                                Ust. Amin FuadMashuri, S.Pd.




KepalaDesaGombong                                           Pengasuh Madrasah Diniyyah NURUL FALAH



Bismillahirrahmaanirrahim

Syukur ilahi Rabbi SWT yang memberikan rahmat serta inayah-Nya kepada kami, hingga waktu memberi kesempatan kami untuk menyelesaikan laporan PPL( Praktik Pengalaman Lapangan ) di daerah kami.
Dengan keterbatasan kami belum bisa mempersembahkan laporan yang bapak dan ibu guru kehendaki.
Tak lupa kepada Kepala Sekolah SMA TAKHASSUS AL QUR’AN, segenap jajaran guru-guru dan karyawan yang arif serta bijaksana, yang selalu kami nantikan kritik dan sarannya, juga nasihatnya, agar dapat menjadi referensi bagi kami dihari nanti.
Kepada AllahSWT, kami mohon taufiq dan kehadiratMusemoga laporan ini senantiasa dalam ridloMu. Amin.





                                                                                               Peserta didik PPL


                                                              NURKHOLIS








DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL……………………………………………………………………………… i
LEMBAR PENGESAHAN………………………………………..…………………………………… ii
SURAT KETERANGAN................................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR.................................................................................................................. iv
DAFTAR ISI………………………………………………..………….…………………………….. v
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………………………… 1
1.      .LatarBelakang…………………………………………………..……………………….. 1
2.      Tujuan............................................……………………………………………………… 2
3.      Profil Madrasah Diniyyah NURUL FALAH........................................................................ 3
BAB II PEMBAHASAN……………………………………………………………………………. 4
1.      Kondisi real pelaksanaan PPL………………………………...………………………….. 4
2.      Penilaiandanhasil………………………………………………………………………… 5
3.      Lembar Observasi......................................................................................................... 7
4.      JurnalPertemuan PPL................................................................................................... 8
BAB III LAMPIRAN……………………………………………………………………………….. 9
1.      ProfilKepala Madrasah Diniyyah NURUL FALAH…………………………………… 9
2.      Daftarhadiranak……………………………………………………………………………. 10
3.      Daftarnilaianak……………………………………………………………………………. 11
4.      Fotokegiatan PPL ( PraktikPengalamanLapangan ) … ……………………………… 12
BAB IV PENUTUP………………………………………………………………………………… 13
1.      Kesimpulan………………………………………………….…………………………… 13
2.      Saran………………………………………………………….………………………….. 13

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Dalam rangka untuk mengembangkan kemampuan peserta didik, SMA TAKHASSUS AL QUR’AN mengadakan program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan). Supaya dapat memanfaatkan ilmu yang telah diajarkan di sekolah ke daerah masing-masing, juga agar dapat mengevaluasi diri bagaimana dan seberapa tingkat ketekunannya dalam KBM di sekolah.
PPL ( Praktik Pengalaman Lapangan ) ini dilaksanakan di Madrasah Diniyyah NURUL FALAH DesaGombong RT 01/RW 05,Kec. Belik,Kab.Pemalang,Jawa Tengah. Untuk dapat membagikan, serta mempraktikkan apa yang telah didapatkan di sekolah, serta untuk mengisi danmemanfaatkanwaktu luangselama liburan semester gasal ini.
Aktivitas belajar dan hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Aktifitas menunjukkan sejauh mana siswa aktif dalam memperkaya pengetahuannya, sedangkan hasil belajar menunjukkan sejauh mana pengetahuan siswa dari proses pembelajaran yang dialaminya.
Salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan daya serap siswa adalah menggunakan model PBI (Problem Based Intrucsion) atau biasa disebut pembelajaan berbasis masalah, maka kami selaku peserta PPL yang nantinya akan membina anak-anak dalam Program PPL dikarenakan  masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan dewasa ini adalah masalah kurangnya minat daya serap anak-anak. Hal ini nampak dari hasil belajar anak yang senantiasa masih sangat memprihatinkan. Prestasi ini tentunya merupakan hasil kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Dalam arti yang substansial, bahwa proses pembelajaran hingga dewasa ini masih memberikan dominasi guru dan tidak memberikan akses bagi anak untuk berkembang secara individu melalui penemuan dan proses berfikir, juga di karenakan minimnya minat anak-anak sekarang terhadap ilmu agama. Untuk itu kami selaku peserta didik SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN,  mendapat amanat untuk membina anak-anak di daerah desa Gombongyang bersedia meluangkan waktu untuk mengikuti pengkajian yang kami bina.
Dan semoga Pengkajian yang kami bina dapat bermanfaat bagi kami dan anak-anak di Madrasah Diniyyah NURUL FALAH yang kami bina. Amin.
Kepada Allah SWT, semoga kegiatan PPL(Praktik Pengalaman Lapangan) adalah termasuk jalan yang senantiasa dalam ridloMu. Amin.

2.     TujuanKegiatan PPL
Tujuandarikegiatan PPL yang kami laksanakan di Madrasah Diniyyah NURUL FALAH DesaGombong, sebagaiberikut:
1. Untukmembinaterhadapanak-anakpesertabina.
2. Untukmemberikanwawasanterhadapanak-anakpesertabina.
3. untukmelatih mental sebagaiseorang Pembina.
4. Serta untukmenjalinhubungansilaturrahimkepadasaudara, tetangga-tetangga yang telah lama tidakberjumpa.

3. Profil Madrasah Diniyyah NURUL FALAH
NamaLembaga                        : Madrasah DiniyyahNURUL FALAH
Alamat:DesaGombong RT 01/RW 05, Kec. Belik, Kab.Pemalang,Jawa Tengah.
DidirikanTahun: 1996
JumlahMurid: 239
Status Ustadz                                      : Sukarela
Sumber Dana                                       : Walimurid
Sementaraitukegiatankeseharian di Madrasah Diniyyah NURUL FALAHsebagaiberikut :
     Senin                                                   : Belajarngaji Al Qur’andankajiankitab
     Selasa                                                  : Belajarmenulis Al Qur’an
     Rabu                                                    : BelajarngajiTartil
     Kamis                                                  : Belajarngaji Al Qur’an
     Sabtu                                                   : BelajarPraktekUbudiyah
     Ahad                                                    : BelajarBarzanji


KepalaMadrasah NURUL FALAH

Ust.Amin FuadMashuri, S.Pd.

BAB II
PEMBAHASAN

1.     Kondisi Real Pelaksanaan PPL
Untukmengisiwaktuluangdalamliburan semester gasal ini kami sebagai peserta didik, melaksanakan tugas amanat berupa PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) dari sekolah kami SMA TAKHASSUS AL-QURAN.
Tugas ini kami laksanakan di MardasahDiniyah NURUL FALAHyang diasuholeh Ust.Amin FuadMashuri, S.Pd.dan dengan izin restu dari Ibu H            adiatunNugroho selaku KepalaDesaGombong.
Dalambeberapahari kami menjalanitugas PPL ini, kami merasakansukaduka yang kami alamidalamsetiap pertemuan.
Berbagai variasi karakter anak-anak yang kami bina sangatlah mengetuk hati kami, juga sebagai cermin, betapa kurangnya kami yang selama ini kurang ta'dzim dan juga kurang tekun saatKBM berlangsung di sekolah.
Namun keikhlasan dan kesabaran yang terus kami gali, merupakan cara ampuh untuk menaklukan hati anak-anak yang kami bina. Kami juga menerapkan metode  PBI (Problem Based Intrucsion) atau biasa disebut pembelajaan berbasis masalah. Jadi bila ada anak bina kami yang sedang punya masalah dalam kegiatan Pembinaan kami ataupun masalah lainnya,kami selaku pembina berusaha membantu dengan sungguh hati.
Saat hari terakhir tiba, PPL kami isi dengan tema perpisahan. Bahwa semuanya dari sesuatu yang indah ataupun buruk pasti akan berakhir, maka kami memberi pesan sedikit kepada anak-anak yang kami bina ,bahwa''masa lalu dan masa depan dimulai pada hari ini'', jadi kita semuanya harus introspeksi diri bila ingin masa lalu kita indah.Karenamasalaluadalahkenangan, hariinisebagaikenyataandanmasa yang akandatang  adalahwaktuharapan.



2. Penilaian dan Hasil

NILAI PESERTA PPL

NO
ASPEK PENILAIAN
NILAI
CATATAN
1
Sikap / Kepribadian
87
-cukupbaik
2
Tatap Muka dengan Santri
85
-kurangmenguasaikelas
3
Penguasaan Materi
85
-perlupeningkatan
4
Kehadiran / Kedisiplinan
95
-selaluhadirtepatwaktu
JUMLAH
352


                                                                                      Pemalang, 31Desember 2014



Mengetahui          



KepalaDesaGombongKepala Madrasah NURUL FALAH



HadiatunNugroho                                                                 Ust. Amin FuadMashuri, S.Pd.








HASIL PESERTA PPL


Alhamdulillahirabbil'alamiin
Dari kegiatan PPL( Praktik Pengalaman Lapangan ) yang diselenggarakan oleh sekolah SMA TAHASSUS AL-QUR’AN di daerah masing-masing setiap peserta,kami sebagai peserta sangat berterimakasih, dengan ini kami dapat mengevaluasi diri, seberapa kesungguhan kami saat belajar di sekolah.
Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang didapatkan oleh pelajar setelah mengalami aktifitas belajar. Perolehan aspek-aspek perubahan peilaku tersebut tegantung pada apa yang dipelajari oleh pelajar. Menurut Robert M. Gagne ada lima tipe hasil belajar, yaitu:
a.Kemampuan intelektual, ialah sejumlah kemampuan mulai dari membaca, menulis, menghitung sampai dengan kemampuan memperhitungkan kekuatan sebuah jembatan atau akibat evaluasi.
b. Strategi kognitif, ialah kemampuan mengatur ”cara belajar dan berfikir” seseorang, dalam arti yang seluas-luasnya, termasuk kemampuan memecahkan masalah.
c. Informasi verbal, ialah kemampuan menyerap kemampuan dalam arti informasi dan fakta termasuk kemampuan untuk mencari dan mengelola informasi sendiri.
d. Keterampilan motorik, ialah kemampuan yang erat dengan keterampilan fisik seperti menulis, mengetik, menggunakan jangka, menggunakan busur dan lain-lain.
Sikap dan nilai ialah kemampuan yang erat hubungannya dengan arah serta intensitas emosional yang dimiliki seseorang, bagaimana dapat disimpulkan dari kecenderungannya untuk bertingkah laku terhadap orang, barang dan kejadian. Sekolah diharapkan berperan dalam pembentukan sikap dan nilai, seperti sikap menghormati dan sebagainya.







LEMBAR OBSERVASI PPL


Nama Pengasuh                     : Ust. Amin FuadMashuri, S.Pd.
Umur                                     : 41 tahun
Pekerjaan                               : Guru
Alamat                                   : DusunBedahan RT.01/RW.05, DesaGombong,Kec. Belik,Kab. Pemalang.
Nama Lembaga                      : NURUL FALAH
Nama Pendiri                         : Ust. Amin Fuad M.,Ust. Slamet Abdullah, Ust. Hadi P.
Tahun Berdiri                        : 1996
Jumlah Guru                           : 13 Orang
Jumlah Anak Didik                 : -Laki-laki = 117
      -Perempuan = 122
      Jumlah = 239
Prestasi                                   :-PidatoPanitia (JUARA 2)Tahun 2007.
-HPQ (HimpunanPenyelenggaraPendidikan Al-qur’an) Tahun2009.

                                                             Pemalang, 31 Desember 2014
Mengetahui


KepalaDesaGombong                                                 Kepala Madrasah NURUL FALAH



HadiatunNugroho                                                                 Ust. Amin FuadMashuri, S.Pd.


JURNAL PERTEMUAN PPL

NO
HARI/TANGGAL
MATERI
H
A
I
S
KETERANGAN
1
Kamis, 25 Desember 2014






2
Jum’at, 26 Desember 2014






3
Sabtu,27 Desember 2014






4
Ahad,28 Desember 2014






5
Senin,29 Desember 2014






6
Selasa, 30 Desember 2014






7
Rabu, 31 Desember 2014






8
Kamis, 1 Januari 2015






9
Jum’at,2Januari 2015






10
Sabtu, 3 Januari 2015






JUMLAH






                                                                                           Pemalang, 3 Januari 2015

Mengetahui


Kepala Madrasah NURUL FALAHPeserta PPL



Ust. Amin FuadMashuri,S.Pd.Nurkholis

BAB III
LAMPIRAN

1.                  Profil pengasuh madrasah NURUL FALAH

Ust. Amin Fuad. Terlahir pada tanggal 11,Desember 1977.Mengenyam pendidikan dari SD N 1 KampunBaru, lalu SLTP di SMP N 1 Mesuji Makmur. Setelah lulus SMP, beliau hijrah ke Jawatepatnya di PesantrenDarulHikmahAmbarawa, Semarang. HinggaAkhirnyanamaPesantrentempatbeliaunyantri, di abadikanterhadapnamamusholadesaKampungBaru, yakniMusholaDarilHikmah.
Beliau mondok di Jawakurang lebih sekitar 5 tahun.Beberapa kyai yang telah digurui, karena sangking banyaknya pondok diJawa, dan juga para kyai yang telah saling menganjurkan untuk “ mengajilah kalian kepada kyai siapapun diJawa sampai kalian merasa cukup”.
Hinggaakhirnyalimatahunberlalu. Beliau pun kembalikeKampungBaru, tempatdimanabeliau di lahirkandanjuga di besarkan.
Beliauaktifdalamsetiapkegiatan di desanya.OrganoisasiPemuda Muslim, sekarangtelahdibawahkepengurusannya. Karenakeaktifannya, sampaibeliau di percayauntukmenjadiPengasuh Madrasah Diniyyah NURUL FALAH.












2.      Daftar Nilai Anak

DAFTAR NILAI ANAK

NO
NAMA
PENILIAAN
KETERANGAN
PENGUASAAN
PRAKTEK
SIKAP
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15









                                                                                                    Pemalang, 3 Januari 2015
Mengetahui


Kepala Madrasah NURUL FALAH                          Peserta PPL




Ust. Amin FuadMashuri, S.Pd.Nurkholis

Keterangan :
1.      Penilaian penguasaan dan praktik diisi dengan angka dari nilai 50-100.
2.      Penilaian sikap diisi dengan huruf, A = Istimewa, B = Baik, dan C = Cukup.





















3.        FotoKegiatan PPL









BAB IV
PENUTUP

1.      Kesimpulan
Sebagai penutup laporan PPL ini kami menyimpulkan bahwa kegiatan PPL sangat menyadarkan kami bahwa kami masih kurang tekun dalam kegiatan KBM di sekolah. Kami juga merasa kurang sabar saat presentasi atau menerangkan materi terhadap anak-anak yang kami bina. Mungkin itu adalah jawaban kami atau cerminan bagi kami, bahwa kami harus lebih menghormati guru di sekolah disemester kedua dan selanjutnya. Amin.

2.    Saran
Di masa globalisasi ini, kita sebagai pelajar yang notabene juga santri. Kita harus dapat mengamalkan, mempraktikkan, dan memanfaatkan yang kita miliki. Dan kalaupun bisa kita juga berusahalah menjadi contoh yang baik terhadap lingkungan daerah masing-masing. Kita dapat menuangkan yang kita miliki melalui berbagai hal, seperti seni, dakwah, ataupun barang dan jasa, asalkan semua itu senantiasa dalam ridlo Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar