LAPORAN PPL
( PRAKTIK PENGALAMAN
LAPANGAN )
(logo)
Disusun oleh :
NURKHOLIS
X BAHASA 1
X BAHASA 1
SMA TAKHASSUS AL QUR'AN
WONOSOBO
TAHUN AJARAN 2014/2015
TAHUN AJARAN 2014/2015
HALAMAN
PENGESAHAN
Kami selaku Kepala Desa dan Pengasuh Madrasah Diniyyah NURUL FALAH DesaGombong:
Nama
: Nurkholis
NIS : 9997757922
Kelas :
XBAHASA 1
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) di Madrasah Diniyyah NURUL FALAH,
Desa GOMBONG, Kec. BELIK, Kab. PEMALANG
Telah disahkan pada,
Hari :Kamis
Tanggal :
25 Desember
2014
KepalaDesaGombong Kepala
Madrasah NURUL FALAH
HadiatunNugroho Ust. Amin FuadMashuri, S.Pd.
Mengetahui
WaliMurid Kepala
SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN
Muhlisin H.
Abdurrohman Al Asy’ari, S.HI, M.Pd.I
SURAT KETERANGAN
Yang bertanda
tangan dibawah ini:
Nama : Ust. Amin FuadMashuri, S.Pd.
Jabatan :Kepala Madrasah Diniyyah NURUL FALAH
Nama Tempat
Pengkajian :
Madrasah NURUL FALAH
Alamat : GombongBedahan
RT.01/RW.05, Kec. Belik, Kab. Pemalang,Jawa Tengah.
Menerangkan
bahwa ,
Nama : NURKHOLIS
Tempat/Tgl.
Lahir :Pemalang, 1 Mei 1999
NIS :9997757922
Alamat :GombongTepusRT.05/RW.04, Belik,
Pemalang.
Benar-benar
telah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Madrasah Diniyyah NURUL FALAH selama 12 (duabelas)hari/pertemuan, mulai tanggal 25 desember 2014 s/d tanggal 3 Januari 2015.
Demikian surat
keterangan ini kami sampaikan dan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Pemalang, 3 Januari 2015
Mengetahui
HadiatunNugroho
Ust. Amin FuadMashuri, S.Pd.
KepalaDesaGombong Pengasuh Madrasah Diniyyah NURUL FALAH
Bismillahirrahmaanirrahim
Syukur ilahi Rabbi SWT yang memberikan
rahmat serta inayah-Nya kepada
kami, hingga waktu memberi kesempatan kami untuk menyelesaikan laporan PPL( Praktik Pengalaman Lapangan ) di daerah kami.
Dengan keterbatasan kami belum bisa
mempersembahkan laporan yang bapak dan ibu guru kehendaki.
Tak lupa kepada Kepala Sekolah SMA TAKHASSUS AL QUR’AN, segenap jajaran guru-guru dan karyawan
yang arif serta bijaksana, yang selalu kami nantikan kritik dan sarannya, juga nasihatnya, agar dapat menjadi referensi
bagi kami dihari nanti.
Kepada AllahSWT, kami mohon taufiq dan kehadiratMusemoga laporan ini senantiasa dalam
ridloMu. Amin.
Peserta didik PPL
NURKHOLIS
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL………………………………………………………………………………… i
LEMBAR PENGESAHAN………………………………………..…………………………………… ii
SURAT KETERANGAN................................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR.................................................................................................................. iv
DAFTAR ISI………………………………………………..………….…………………………….. v
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………………………… 1
1. .LatarBelakang…………………………………………………..………………………..
1
2. Tujuan............................................………………………………………………………
2
3. Profil Madrasah
Diniyyah NURUL FALAH........................................................................
3
BAB II
PEMBAHASAN……………………………………………………………………………. 4
1. Kondisi real
pelaksanaan PPL………………………………...………………………….. 4
2. Penilaiandanhasil…………………………………………………………………………
5
3. Lembar Observasi.........................................................................................................
7
4. JurnalPertemuan
PPL...................................................................................................
8
BAB III LAMPIRAN………………………………………………………………………………..
9
1. ProfilKepala
Madrasah Diniyyah NURUL FALAH…………………………………… 9
2. Daftarhadiranak…………………………………………………………………………….
10
3. Daftarnilaianak…………………………………………………………………………….
11
4. Fotokegiatan
PPL ( PraktikPengalamanLapangan ) … ……………………………… 12
BAB IV PENUTUP…………………………………………………………………………………
13
1. Kesimpulan………………………………………………….……………………………
13
2. Saran………………………………………………………….…………………………..
13
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam rangka untuk mengembangkan
kemampuan peserta didik, SMA TAKHASSUS AL QUR’AN mengadakan program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan). Supaya dapat
memanfaatkan ilmu yang telah diajarkan di sekolah ke daerah masing-masing, juga agar dapat mengevaluasi diri bagaimana dan seberapa tingkat ketekunannya
dalam KBM di sekolah.
PPL ( Praktik Pengalaman Lapangan ) ini
dilaksanakan di Madrasah
Diniyyah NURUL FALAH DesaGombong RT 01/RW 05,Kec. Belik,Kab.Pemalang,Jawa
Tengah. Untuk dapat
membagikan, serta mempraktikkan apa yang telah didapatkan di sekolah, serta untuk mengisi danmemanfaatkanwaktu luangselama liburan semester gasal ini.
Aktivitas belajar dan hasil belajar
merupakan tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Aktifitas menunjukkan sejauh
mana siswa aktif dalam memperkaya pengetahuannya, sedangkan hasil belajar
menunjukkan sejauh mana pengetahuan siswa dari proses pembelajaran yang
dialaminya.
Salah satu model pembelajaran yang
digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan daya serap siswa adalah
menggunakan model PBI (Problem Based Intrucsion) atau biasa disebut pembelajaan
berbasis masalah, maka kami selaku peserta PPL yang nantinya akan membina
anak-anak dalam Program PPL dikarenakan masalah pokok dalam pembelajaran
pada pendidikan dewasa ini adalah masalah kurangnya minat daya serap anak-anak. Hal ini
nampak dari hasil belajar anak yang senantiasa masih sangat
memprihatinkan. Prestasi ini tentunya merupakan hasil kondisi pembelajaran yang
masih bersifat konvensional. Dalam arti yang substansial, bahwa proses
pembelajaran hingga dewasa ini masih memberikan dominasi guru dan tidak
memberikan akses bagi anak untuk berkembang secara individu
melalui penemuan dan proses berfikir, juga di karenakan minimnya minat anak-anak sekarang
terhadap ilmu agama. Untuk itu kami selaku peserta didik SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN, mendapat amanat untuk membina anak-anak di
daerah desa Gombongyang bersedia
meluangkan waktu untuk mengikuti pengkajian yang kami bina.
Dan semoga Pengkajian yang kami bina
dapat bermanfaat bagi kami dan anak-anak di Madrasah Diniyyah NURUL FALAH yang kami bina.
Amin.
Kepada Allah
SWT, semoga
kegiatan PPL(Praktik Pengalaman
Lapangan) adalah termasuk jalan yang senantiasa dalam ridloMu. Amin.
2. TujuanKegiatan PPL
Tujuandarikegiatan PPL yang kami laksanakan di Madrasah
Diniyyah NURUL FALAH DesaGombong, sebagaiberikut:
1.
Untukmembinaterhadapanak-anakpesertabina.
2.
Untukmemberikanwawasanterhadapanak-anakpesertabina.
3.
untukmelatih mental sebagaiseorang Pembina.
4.
Serta untukmenjalinhubungansilaturrahimkepadasaudara, tetangga-tetangga yang
telah lama tidakberjumpa.
3. Profil Madrasah Diniyyah NURUL FALAH
NamaLembaga : Madrasah DiniyyahNURUL
FALAH
Alamat:DesaGombong
RT 01/RW 05, Kec. Belik, Kab.Pemalang,Jawa Tengah.
DidirikanTahun:
1996
JumlahMurid:
239
Status
Ustadz
: Sukarela
Sumber
Dana
: Walimurid
Sementaraitukegiatankeseharian
di Madrasah Diniyyah NURUL FALAHsebagaiberikut :
Senin
: Belajarngaji Al Qur’andankajiankitab
Selasa
: Belajarmenulis Al Qur’an
Rabu
: BelajarngajiTartil
Kamis
: Belajarngaji Al Qur’an
Sabtu
: BelajarPraktekUbudiyah
Ahad
: BelajarBarzanji
KepalaMadrasah NURUL FALAH
Ust.Amin FuadMashuri, S.Pd.
BAB II
PEMBAHASAN
1. Kondisi Real Pelaksanaan PPL
Untukmengisiwaktuluangdalamliburan semester gasal ini kami sebagai
peserta didik,
melaksanakan
tugas amanat berupa PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) dari sekolah kami SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN.
Tugas ini kami laksanakan di MardasahDiniyah NURUL FALAHyang diasuholeh Ust.Amin FuadMashuri, S.Pd.dan dengan izin restu dari Ibu H adiatunNugroho selaku KepalaDesaGombong.
Dalambeberapahari kami menjalanitugas PPL ini, kami merasakansukaduka
yang kami alamidalamsetiap pertemuan.
Berbagai variasi karakter anak-anak
yang kami bina sangatlah mengetuk hati kami, juga sebagai cermin, betapa
kurangnya kami yang selama ini kurang ta'dzim dan juga kurang tekun saatKBM
berlangsung di sekolah.
Namun keikhlasan dan kesabaran yang
terus kami gali, merupakan cara ampuh untuk menaklukan hati anak-anak yang kami bina.
Kami juga menerapkan metode PBI (Problem Based Intrucsion) atau biasa
disebut pembelajaan berbasis masalah. Jadi bila ada anak bina kami yang sedang
punya masalah dalam kegiatan Pembinaan
kami ataupun masalah lainnya,kami selaku pembina berusaha membantu dengan sungguh hati.
Saat hari terakhir tiba, PPL kami isi
dengan tema
perpisahan. Bahwa semuanya dari sesuatu yang indah ataupun buruk pasti akan
berakhir,
maka kami
memberi pesan sedikit kepada anak-anak yang kami bina ,bahwa''masa lalu dan masa depan dimulai
pada hari ini'', jadi kita semuanya harus introspeksi diri bila ingin masa lalu kita indah.Karenamasalaluadalahkenangan,
hariinisebagaikenyataandanmasa yang akandatang adalahwaktuharapan.
2. Penilaian dan
Hasil
NILAI PESERTA PPL
|
NO
|
ASPEK
PENILAIAN
|
NILAI
|
CATATAN
|
|
1
|
Sikap /
Kepribadian
|
87
|
-cukupbaik
|
|
2
|
Tatap Muka
dengan Santri
|
85
|
-kurangmenguasaikelas
|
|
3
|
Penguasaan
Materi
|
85
|
-perlupeningkatan
|
|
4
|
Kehadiran /
Kedisiplinan
|
95
|
-selaluhadirtepatwaktu
|
|
JUMLAH
|
352
|
||
Pemalang, 31Desember 2014
Mengetahui
KepalaDesaGombongKepala
Madrasah NURUL FALAH
HadiatunNugroho Ust. Amin FuadMashuri, S.Pd.
HASIL PESERTA
PPL
Alhamdulillahirabbil'alamiin
Dari kegiatan PPL( Praktik Pengalaman Lapangan ) yang
diselenggarakan oleh sekolah SMA TAHASSUS AL-QUR’AN di daerah masing-masing setiap peserta,kami sebagai peserta sangat
berterimakasih, dengan ini kami dapat mengevaluasi diri, seberapa kesungguhan kami saat belajar di sekolah.
Hasil belajar merupakan perubahan
perilaku yang didapatkan oleh pelajar setelah mengalami aktifitas belajar.
Perolehan aspek-aspek perubahan peilaku tersebut tegantung pada apa yang
dipelajari oleh pelajar. Menurut Robert M. Gagne ada lima tipe hasil belajar,
yaitu:
a.Kemampuan intelektual, ialah sejumlah
kemampuan mulai dari membaca, menulis, menghitung sampai dengan kemampuan
memperhitungkan kekuatan sebuah jembatan atau akibat evaluasi.
b. Strategi kognitif, ialah kemampuan
mengatur ”cara belajar dan berfikir” seseorang, dalam arti yang seluas-luasnya,
termasuk kemampuan memecahkan masalah.
c. Informasi verbal, ialah kemampuan
menyerap kemampuan dalam arti informasi dan fakta termasuk kemampuan untuk
mencari dan mengelola informasi sendiri.
d. Keterampilan motorik, ialah
kemampuan yang erat dengan keterampilan fisik seperti menulis, mengetik,
menggunakan jangka, menggunakan busur dan lain-lain.
Sikap dan nilai ialah kemampuan yang
erat hubungannya dengan arah serta intensitas emosional yang dimiliki
seseorang, bagaimana dapat disimpulkan dari kecenderungannya untuk bertingkah laku
terhadap orang, barang dan kejadian. Sekolah diharapkan berperan dalam
pembentukan sikap dan nilai, seperti sikap menghormati dan sebagainya.
LEMBAR
OBSERVASI PPL
Nama
Pengasuh :
Ust. Amin
FuadMashuri, S.Pd.
Umur
: 41 tahun
Pekerjaan
: Guru
Alamat
: DusunBedahan
RT.01/RW.05, DesaGombong,Kec. Belik,Kab. Pemalang.
Nama
Lembaga
: NURUL
FALAH
Nama
Pendiri
: Ust. Amin
Fuad M.,Ust. Slamet Abdullah, Ust. Hadi P.
Tahun Berdiri
: 1996
Jumlah
Guru
: 13 Orang
Jumlah Anak Didik
: -Laki-laki = 117
-Perempuan =
122
Jumlah = 239
Prestasi
:-PidatoPanitia
(JUARA 2)Tahun 2007.
-HPQ
(HimpunanPenyelenggaraPendidikan Al-qur’an) Tahun2009.
Pemalang, 31 Desember 2014
Mengetahui
KepalaDesaGombong Kepala
Madrasah NURUL FALAH
HadiatunNugroho Ust. Amin FuadMashuri, S.Pd.
JURNAL
PERTEMUAN PPL
|
NO
|
HARI/TANGGAL
|
MATERI
|
H
|
A
|
I
|
S
|
KETERANGAN
|
|
1
|
Kamis, 25 Desember 2014
|
||||||
|
2
|
Jum’at, 26 Desember 2014
|
||||||
|
3
|
Sabtu,27 Desember 2014
|
||||||
|
4
|
Ahad,28 Desember 2014
|
||||||
|
5
|
Senin,29 Desember 2014
|
||||||
|
6
|
Selasa, 30 Desember 2014
|
||||||
|
7
|
Rabu, 31 Desember 2014
|
||||||
|
8
|
Kamis, 1 Januari 2015
|
||||||
|
9
|
Jum’at,2Januari 2015
|
||||||
|
10
|
Sabtu, 3 Januari 2015
|
||||||
|
JUMLAH
|
|||||||
Pemalang, 3 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Madrasah NURUL FALAHPeserta
PPL
Ust. Amin FuadMashuri,S.Pd.Nurkholis
BAB III
LAMPIRAN
1.
Profil pengasuh madrasah NURUL FALAH
Ust. Amin Fuad. Terlahir pada tanggal 11,Desember 1977.Mengenyam
pendidikan dari
SD N 1 KampunBaru, lalu SLTP di SMP N 1 Mesuji Makmur. Setelah lulus SMP, beliau hijrah ke Jawatepatnya di PesantrenDarulHikmahAmbarawa,
Semarang. HinggaAkhirnyanamaPesantrentempatbeliaunyantri, di
abadikanterhadapnamamusholadesaKampungBaru, yakniMusholaDarilHikmah.
Beliau mondok di Jawakurang lebih sekitar 5 tahun.Beberapa kyai yang telah digurui,
karena sangking banyaknya pondok diJawa, dan juga para kyai yang telah saling menganjurkan untuk
“ mengajilah kalian kepada kyai siapapun diJawa sampai kalian merasa cukup”.
Hinggaakhirnyalimatahunberlalu. Beliau pun
kembalikeKampungBaru, tempatdimanabeliau di lahirkandanjuga di besarkan.
Beliauaktifdalamsetiapkegiatan di desanya.OrganoisasiPemuda
Muslim, sekarangtelahdibawahkepengurusannya. Karenakeaktifannya, sampaibeliau
di percayauntukmenjadiPengasuh Madrasah Diniyyah NURUL FALAH.
2.
Daftar Nilai
Anak
DAFTAR NILAI ANAK
|
NO
|
NAMA
|
PENILIAAN
|
KETERANGAN
|
||
|
PENGUASAAN
|
PRAKTEK
|
SIKAP
|
|||
|
1
|
|||||
|
2
|
|||||
|
3
|
|||||
|
4
|
|||||
|
5
|
|||||
|
6
|
|||||
|
7
|
|||||
|
8
|
|||||
|
9
|
|||||
|
10
|
|||||
|
11
|
|||||
|
12
|
|||||
|
13
|
|||||
|
14
|
|||||
|
15
|
|||||
Pemalang, 3 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Madrasah NURUL FALAH Peserta PPL
Ust. Amin FuadMashuri, S.Pd.Nurkholis
Keterangan
:
1. Penilaian
penguasaan dan praktik diisi dengan
angka dari nilai 50-100.
2.
Penilaian sikap diisi dengan huruf, A = Istimewa, B = Baik, dan C = Cukup.
3.
FotoKegiatan PPL
BAB IV
PENUTUP
1. Kesimpulan
Sebagai penutup laporan PPL ini kami
menyimpulkan bahwa kegiatan PPL sangat menyadarkan kami bahwa kami masih kurang
tekun dalam kegiatan KBM di sekolah. Kami juga merasa kurang sabar saat presentasi atau menerangkan materi terhadap
anak-anak yang kami bina. Mungkin itu adalah jawaban kami atau cerminan bagi kami, bahwa kami harus lebih
menghormati guru di sekolah disemester kedua dan selanjutnya. Amin.
2.
Saran
Di masa globalisasi ini, kita sebagai
pelajar yang notabene juga santri. Kita harus dapat mengamalkan, mempraktikkan, dan memanfaatkan yang kita miliki.
Dan kalaupun bisa kita juga berusahalah menjadi contoh yang baik terhadap lingkungan daerah
masing-masing. Kita dapat menuangkan yang kita miliki melalui berbagai hal,
seperti seni, dakwah, ataupun barang dan jasa, asalkan semua itu senantiasa dalam ridlo
Allah SWT.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar